Tulisan Non-Fiksi Artikel Tidak Seperti Tulisan Fiksi Cerpen

Membuat tulisan non-fiksi artikel tidak seperti menulis fiksi selayaknya puisi dan cerpen. Hal paling umum yang membedakan kedua jenis konten ini adalah fakta dan khayalan. Untuk membuat artikel dibutuhkan hal-hal nyata dengan pertanggungjawaban jelas kepada khalayak.

Lain hal dengan fiksi, dimana keseluruhan isi diserahkan kepada penulis untuk dikembangkan, baik itu nyata atau bukan. Sementara setelah itu penulis tidak bertanggung jawab atas tafsirnya. Karya seperti ini multitafsir, pembaca bebas menebak apa saja setelah membaca karya.

Lain hal dengan tulisan non-fiksi artikel, dimana tafsirnya harus seragam. Tata bahasa definitif menjadi modal untuk memahami keseluruhan isi karena tidak menggunakan bahasa kiasan. Yang dibutuhkan adalah membuka keingintahuan memperoleh informasi sebesar mungkin.

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Akan Mulai Menulis

Tidak seperti fiksi, tulisan non-fiksi artikel sekurang-kurangnya harus memuat:

  1. Isu Terkini

Jika ingin menggaet pembaca secara banyak dan cepat maka Anda bisa mengulas isu terkini. Dipadu dengan gaya penceritaan apik serta sudut pandang netral, konten lebih mudah dibaca orang. Alih-alih menarik isu lama, kemungkinan untuk dibaca akan semakin kecil.

  1. Fakta

Tentu saja konten harus didasarkan pada fakta sebab ada pertanggungjawaban penulis di dalamnya. Untuk memperoleh fakta akurat, Anda bisa mencari sumber terpercaya alih-alih mencari sumber sensasional yang kebenarannya belum tentu dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Kemasan yang Apik

Sudah berdasarkan fakta dan mengambil isu terkini maka selanjutnya semua ide harus dituangkan pada kemasan seapik mungkin. Bisa menyangkut tata bahasa, pemilihan kalimat, dan penyisipan gambar atau video pendukung.

Ketiga hal di atas wajib ada dalam sebuah tulisan non-fiksi artikel. Terutama poin nomor dua sebab konten ini didasarkan pada kejadian nyata. Sudut pandang penulis menjadi hal yang mempengaruhi keseluruhan artikel. Maka usahakan tidak memunculkan keberpihakan pada tulisan.

Berlatih Menulis di Lapak Sendiri

Membuat tulisan non-fiksi artikel bisa dilatih dengan cara bergabung di jasa penulisan artikel. Bukan hanya latihan, Anda bahkan bisa memperoleh penghasilan dari keterlibatan tersebut. Untuk beberapa orang bisa menambah link, di samping menghasilkan portofolio.

Rajin posting konten di blog pribadi juga sangat membantu Anda memantapkan kemampuan menulis. Bukan hanya di blog, makin ke sini juga semakin banyak orang memposting karya mereka di media sosial, terutama yang paling sering adalah Instagram dan Facebook.

Bukan hanya bisa untuk memposting konten, Anda bahkan juga bisa berkomunikasi dengan pembaca melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Diskusi terbuka mengenai apa saja sangat mungkin terjadi dan memberikan keuntungan besar bagi Anda. Anda juga bisa gabung jasa penulis artikel seo.

Sebab tulisan yang dipelajari berdasar pada fakta maka seluas mungkin cakrawala diri harus dibuka. Caranya mudah, dapat melalui membaca atau menonton sebelum membuat tulisan non-fiksi artikel, baik untuk kepentingan pribadi atau lainnya dengan cara online.