Tips Membuat Video Promosi dengan Smartphone

Dalam membuat video promosi, banyak yang menganggap jika Anda harus menggunakan peralatan yang lengkap dan mahal. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan peralatan tersebut. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan smartphone sebagai device untuk membuat suatu video promosi.

Agar Anda bisa menghasilkan video promosi terbaik menggunakan smartphone, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Cek Smartphone

Hal pertama yang perlu Anda cek adalah ponsel pintar yang Anda pergunakan. Cek apakah ponsel tersebut memiliki frame rate yang tinggi atau tidak. Semakin tinggi fps yang dimiliki maka Anda bisa semakin mengeksplor video, misalnya membuat video slow motion dan memperhalus pergerakan.

Cek juga bagaimana kameranya, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Coba ambil video sebagai contoh agar nanti hasil video promosi yang Anda buat tidak mengecewakan.

  • Pencahayaan

Walaupun Anda menggunakan smartphone, Anda tetap harus memperhatikan mengenai pencahayaan. Karena itu, sebaiknya Anda mengambil gambar di tempat yang terang ataupun menggunakan alat bantu pencahayaan lain. Misalnya menggunakan lampu duduk.

Tips Membuat Video Promosi dengan Smartphone
Tips Membuat Video Promosi dengan Smartphone

Jika Anda menggunakan penerangan atau pencahayaan yang alami, Anda bisa mengambil gambar mulai pukul 07.00-11.00 atau 14.00-15.00. Di waktu tersebut, Anda bisa mendapatkan cahaya yang tidak terlalu terang ataupun terlalu redup.

Hindari untuk membelakangi sumber cahaya karena akan membuat objek terlalu gelap. Sebaliknya, Anda bisa menghadap ataupun posisi miring sehingga ada bagian dari object yang terkena sinar atau cahaya alami.

  • Mikrofon Eksternal

Pertimbangkan mengenai suara yang akan digunakan untuk membuat video. Jika Anda sama sekali tidak membutuhkan suara, karena akan menggunakan VO (voice over), maka Anda bisa mengabaikan mic eksternal ini.

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan jenis clip on atau lavalier atau lavas. Anda bisa meminta talent Anda untuk menyambungkannya dengan ponsel yang disimpan. Tujuannya agar Anda lebih mudah saat mengambil gambar. Dengan begitu, suara bisa terekam dengan baik. Setelah itu, Anda bisa meminta rekaman suara dan menambahkannya ke video.

  • Tripod

Untuk hasil yang stabil pada gambar, pergunakan tripod. Ada beberapa jenis tripod dan Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda hendak mengambil gambar dengan pergerakan kamera yang cukup banyak, maka, pergunakan jenis tripod yang memudahkan Anda untuk bergerak. Namun, bila Anda tetap terganggu dengan menggunakan tripod, Anda bisa mengabaikannya, selama hasil gambar yang diambil tersebut stabil atau tidak goyang.

  • Aplikasi Editing

Karena Anda hanya memiliki smartphone, persiapkan storage yang cukup banyak. dengan begitu proses perekaman video dan juga editing bisa berjalan dengan baik.

Itulah beberapa tips persiapan dalam membuat video promosi yang perlu Anda perhatikan. Jangan lupa untuk menentukan konsep dan juga perlengkapan tambahan agar hasil video Anda memuaskan.