Pengertian dan Manfaat Landing Page

Ketika Anda memulai suatu bisnis, tidak hanya website saja yang harus Anda persiapkan namun juga landing page. Banyak yang tidak bisa membedakan antara landing page dan juga homepage. Landing page merupakan website yang memiliki desain khusus untuk tujuan marketing.

Biasanya, landing page ini hanya 1 halaman saja. Halaman ini ditampilkan saat pengunjung mengakses website dari paid search atau hasil pencarian berbayar.

Fungsi Landing Page

Jika dibandingkan dengan homepage, landing page memiliki fungsi yang lebih khusus yaitu meningkatkan konversi ataupun tujuan lain. Misalnya mengisi formulir untuk meningkatkan data base Anda dan mengajak orang tersebut untuk mempelajari informasi tertentu.

Dari data yang dikumpulkan di database tersebut, akan dijadikan leads atau data pengunjung potensial. Leads inilah yang nantinya akan ‘ditembak’ untuk diberi informasi tertentu. Misalnya produk baru.

Landing page juga dapat membantu untuk mempercepat transaksi. Hal ini disebabkan karena di landing page, tombol lebih sedikit dibandingkan dengan homepage. Dengan begitu, konsumen atau pelanggan Anda minim terdistraksi dari tombol atau menu yang ada di halaman tersebut sehingga proses transaksi menjadi lebih cepat.

online shop landing page

Jenis Landing Page

Ada 2 jenis landing page yaitu:

  • Lead Generation landing Page

Jenis landing page ini disebut juga dengan lead capture pages atau lead gen. fungsinya adalah untuk mengumpulkan data calon pelanggan atau data leads. Umumnya, landing page ini berbentuk form dan berisi nama dan alamat email.  Form ini biasanya ada di tampilan muka dari website. jadi, sebelum Anda masuk ke website, Anda akan mendapati suatu form berisi nama dan email.

Data yang masuk ke dalam kolom form tersebut yang akan disimpan dan kemudian dikelola untuk keperluan marketing yang lainnya. Misalnya untuk mengirimkan email marketing yang berisi mengenai promo.

  • Click Through Landing Page

Jenis landing page ini umumnya dipergunakan oleh marketing model B2C atau e-commerce. Tampilan halamannya hanya ada 1 tombol sederhana, misalnya shop now.

Dari halaman tersebut, pengunjung Anda akan digiring untuk melakukan pembelian di website. ini karena minimnya tombol yang disediakan meminimalisir pengunjung melakukan skip. Karena hal tersebut, tingkat konversi bisa meningkat bila Anda dapat memaksimalkan landing page jenis ini.

Itulah pengertian landing page. Landing page ini bisa dibuat kapan saja Anda mau, bahkan berbarengan dengan pembuatan website. jika Anda bingung bagaimana cara membuat website dan landing page, Anda bisa kunjungi https://www.sribu.com/id/cat/jasa-pembuatan-website untuk informasi lebih lanjut.