Bagaimana Prospek Lulusan Jurusan Desain Interior?

Jurusan desain semakin lama semakin banyak peminatnya. Salah satunya adalah jurusan desain interior.

Walaupun banyak peminatnya, ternyata masih banyak yang ragu apakah jurusan interior ini menjanjikan atau tidak. Apakah prospek kerjanya tinggi atau justru sebaliknya?

Jawabannya, cukup tinggi lho. Apalagi saat ini, sudah banyak orang yang melek dengan pentingnya interior untuk bisnis.

Prospek Kerja Lulusan Desain Interior

Ada beberapa pekerjaan yang bisa Anda bidik jika Anda merupakan lulusan desain interior, diantaranya:

  • Jasa Desain Interior

Ketika Anda memiliki sense of art yang cukup tinggi, Anda bisa bekerja di perusahaan atau membuka sendiri jasa desain interior. Jika Anda melamar pekerjaan, Anda harus memiliki portofolio. Bisa juga langsung menjual desain ke pihak lain.

Bagaimana Prospek Lulusan Jurusan Desain Interior?
Bagaimana Prospek Lulusan Jurusan Desain Interior?

Anda bisa memulai mengembangkan jasa desain interior baik secara offline ataupun online. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Selama Anda memiliki kemampuan desainer interior yang baik, Anda bisa melamar atau membuat perusahaan Anda sendiri.

  • Jasa Drafter dan Visualizer 3D

Jika Anda mahir dalam membuat konsep dan dikemas dalam bentuk digital, Anda bisa mencoba peruntungan di bidang drafter dan visualizer 3D. Namun, untuk berkecimpung di bisang ini, maka Anda harus ahli dalam menggunakan software dan hardware yang digunakan.

Dengan begitu, proses untuk membuat draft baik dalam bentuk 2D atau 3D bisa lebih cepat.

  • Konstruksi Interior

Jika mendengar kata konstruksi, Anda akan berpikiran pada bangunan. Namun nyatanya, bidang konstruksi tidak hanya sebatas membangun lho.

Ada bagian konstruksi interior yang bertugas dalam tata letak ruang atau pengawas pelaksana pekerja interior. Anda bisa memulainya dari tingkat junior terlebih dahulu. Jika kemampuan Anda mumpuni, maka Anda bisa naik jabatan menjadi manajer proyek di semua tahapan konstruksi.

  • Bidang Properti

Sebagai lulusan di bidang desain interior, Anda bisa mencoba untuk  bekerja di bidang property. Bidang ini cukup menjanjikan. Apalagi saat ini, perkembangan properti sedang pesat.

Anda bisa mencoba untuk bergabung dengan developer yang terpercaya. dengan begitu, ilmu Anda di bidang tata ruangan bisa diaplikasikan.

  • Distributor Produk Interior

Anda punya banyak kenalan yang menjual produk interior atau kenal banyak desainer interior dan Anda pandai berbisnis? Pekerjaan di bidang distributor produk interior sepertinya cocok untuk Anda.

Namun, untuk memulai bisnis ini, maka Anda harus menyediakan modal yang cukup tinggi dan salah satunya adalah kendaraan. Dengan begitu, proses penyaluran barang akan bisa terlaksana dengan lebih baik.

  • Membuka Toko Material

Kalau Anda memiliki pengetahuan di bidang bahan baku, misalnya kayu solid, Anda bisa mencoba untuk membuka toko material. Namun, sebelum membuka, siapkan dulu modalnya dan jenis barang apa saja yang akan Anda jual.

Itulah beberapa prospek pekerjaan untuk Anda lulusan jurusan desain interior. Dengan informasi ini, semoga pengetahuan Anda semakin bertambah ya.