Bagaimana Membuat Press Release yang Menarik Dibaca?

Membuat press release tidak semudah yang dipikirkan namun juga tidak sesusah yang dibayangkan. Jika Anda baru pertama kali membuatnya mungkin akan merasa kesusahan. Apalagi, jika ada tuntutan tersendiri dari perusahaan untuk Anda.

Untuk mempermudah Anda dalam membuat press rilis, Anda bisa melakukan hal berikut ini:

  • Anggap Press Rilis adalah Artikel

Pada dasarnya, press rilis merupakan sebuah artikel. Namun, berbeda dari artikel pada umumnya misalnya mengenai pengertian dan manfaat landing page. Namun, press rilis ditulis berdasarkan pada berita yang ada atau yang baru terjadi. Misalnya perusahaan Anda mengeluarkan produk A. maka produk A tersebutlah yang dijadikan sebagai sumber beritanya.

Ketika Anda menganggap itu sama seperti artikel, maka itu akan lebih mudah. Namun Anda tetap harus memperhatikan faktor yang lainnya.

  • Layak Copy Paste

Menuliskan artikel yang layak copy paste dengan hasil copy paste adalah 2 hal yang berbeda. Jika artikel tersebut layak untuk di copy paste, maka artikel tersebut akan dijadikan sumber tulisan. Misalnya untuk pembuatan artikel ataupun di rewrite untuk keperluan lainnya.

Agar layak untuk di copy paste, maka Anda harus menuliskannya dengan jelas. Misalnya siapa yang mengucapkan percakapan tersebut, dimana diselenggarakan press, judul yang padat dan menarik. Untuk judul selain harus mengandung clickbait, juga harus mengandung mengenai isi dari konten tersebut.

  • Hindari kata SIfat

Press rilis dibuat oleh PR dan pada dasarnya, press rilis bukan digunakan untuk berjualan secara langsung namun hanya menyampaikan suatu informasi. Karena hal tersebut, dalam pembuatannya, hindari kata sifat yang terlalu banyak seperti bagus, inovatif, beli atau yang lainnya.

Sebaliknya, tunjukkan jika produk Anda atau informasi yang Anda miliki tersebut memiliki kualitas. Dengan begitu, orang lain yang membacanya juga akan tertarik. Apalagi, media sangat menyukai angka dan data. Karena hal tersebut, jelaskan juga mengenai fakta yang ada dengan data yang terpercaya.

Selain kata sifat, hindari juga dengan penggunaan jargon. Penggunaan jargon akan membuat orang lain yang belum familiar dengan perusahaan Anda menjadi bingung. Bahkan untuk media yang menyeleksi apakah pres rilis tersebut layak tayang atau tidak. Namun, jika untuk memperkenalkan jargon baru, Anda tetap bisa menggunakan jargon tersebut dalam pres rilis.

pernyataan langsung
pernyataan langsung
  • Gunakan Pernyataan langsung

Tips ini adalah optional artinya bisa digunakan atau tidak tergantung dari kebutuhan Anda. Namun, dalam press rilis, akan lebih menarik jika menggunakan pernyataan langsung untuk membuat konten lebih terpercaya.

Misalnya, “produk A akan dikeluarkan pada pertengahan juni 2020,” ujar Bambang selaku CEO Aspal. Walaupun hanya 1 kalimat, sebaiknya gunakan pernyataan langsung untuk press rilis Anda.

Itulah tips agar press release yang Anda buat menjadi menarik. Jika perlu, gunakan ilustrasi atau foto sesuai dengan konten agar lebih menarik.