Apa Bedanya Antara Press Release dengan Berita?

Pada dasarnya, press release itu termasuk berita. Keduanya juga sama-sama berfungsi untuk memberikan informasi ke khalayak umum. Selain itu, persamaan antara berita dan press rilis adalah sebagai berikut:

Sama-sama mengandung news value yang bertujuan untuk memberikan informasi tertentu kepada public.

Harus menggunakan teknik penulisan tertentu yaitu 5W+1H. dengan begitu, baik dalam press rilis ataupun dalam berita, terdapat informasi yang lengkap. Berita yang diangkat haruslah berita yang benar-benar terjadi atau nyata dan bukan hoax.

Walaupun press rilis dan berita memiliki persamaan, keduanya cukup berbeda. Ingin tahu perbedaannya? Simak informasi berikut ini.

  • Pembuat

Berita dibuat oleh wartawan. Dari tulisan wartawan tersebut kemudian diedit oleh redaksi sebelum akhirnya layak tayang di rubric yang sudah ditentukan. Wartawan yang menulis bisa dari wartawan yang bekerja di media tertentu, bisa juga wartawan freelance yang bekerja untuk beberapa media sekaligus.

Berbeda dengan berita, press rilis dibuat oleh PR dari perusahaan atau humas dari suatu organisasi ataupun jasa press release yang ditunjuk. Agar dapat tayang dan bisa dibaca oleh public, rilis tersebut harus dikirimkan ke berbagai media yang relevan. Kemudian, akan dipilih oleh media sebelum akhirnya dipublikasikan di media tersebut.

  • Sumber

Sumber untuk penulisan berita  bisa dari mana saja. Bisa dari opini masyarakat maupun pejabat publik, bisa dari sesuatu yang sedang terjadi ataupun dari sumber tertentu. Bahkan bisa dari pres conference yang diselenggarakan oleh perusahaan tertentu.

accident
peristiwa bisa menjadi sumber berita

Sedangkan untuk press release, sumbernya dari kegiatan atau sesuatu hal yang bersangkutan dengan perusahaan tersebut. Misalnya mengenai press conference, launching produk atau hal yang lainnya seputar perusahaan. Jadi, Anda tidak bisa menulis di luar sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan perusahaan ataupun yang tidak diselenggarakan oleh perusahaan.

  • Tujuan

Pada dasarnya berita dibuat dengan tujuan untuk memberikan suatu informasi terkini. Fungsi berita tersebut adalah untuk kontrol sosial, mendidik, memberi tahu, menyikapi ataupun membantu public untuk bisa memahami dan menyikapi peristiwa. Karena hal tersebut, dalam pembuatan berita, efek membacanya bisa beraneka ragam

Sedangkan press rilis bertujuan tidak hanya untuk memberikan informasi seputar peristiwa mengenai perusahaan Anda namun juga tentang branding. Dapat dikatakan, press rilis ini bertujuan agar public memiliki penilaian yang positif terhadap branding Anda. dengan begitu akan ada banyak orang yang semakin banyak tahu mengenai perusahaan Anda.

Press rilis juga bisa berguna sebagai pengalihan isu negatif terhadap perusahaan. caranya adalah dengan mengeluarkan rilis yang berkaitan dengan fakta yang menguntungkan organisasi. Dengan begitu, orang yang melihat atau membacanya akan lebih fokus pada sisi plus Anda dibandingkan sisi minus Anda.

Itulah perbedaan antara press release dan berita. Semoga dengan informasi ini, Anda tidak bingung lagi untuk membedakan antara keduanya.